Cara Membuat Blog – Panduan Lengkap Bagi Pemula

Bagi sebagian orang, cara membuat blog sudah menjadi keahlian yang lazim dipakai sehari-hari, tapi bagi pemula yang baru ingin memulai… banyak tantangan yang harus dilalui dan pertanyaan yang belum terjawab. Dalam panduan ini, saya telah mengumpulkan beberapa sumber daya penting agar Anda dapat membuat sebuah blog dari nol.

Harus diakui tidak akan mungkin mendiskusikan semuanya, Anda akan menemukan semua yang Anda butuhkan untuk membuat blog. Yang lebih penting lagi, panduan ini akan menuntun Anda agar dapat mencapai tujuan secepat mungkin dan juga mengembangkan blog Anda sehingga bukan hanya menjadi salah satu blog yang aktif sesaat saja. Bahkan, Anda mungkin bisa membuatnya sebagai salah satu sumber pendapatan Anda.

Singkatnya, panduan cara membuat blog ini akan menerangkan bagaimana memilih platform blog yang baik sampai ke topik seperti membuat konten yang baik dan menarik perhatian pemirsa Anda. Tidak peduli apakah Anda ingin membikin blog pribadi ataupun mempersiapkan diri menjadi blogger independen sebagai bisnis rumahan atau sampingan, panduan ini akan membantu.

Beberapa topik yang akan dikupas:

  • Apa itu blog?
  • Mengapa Anda harus membuat blog?
  • Platform blog mana yang terbaik bagi Anda?
  • Cara buat blog gratis yang bagus, keunggulan dan kelemahannya
  • Apakah ada aplikasi yang memungkin Anda nge-blog tanpa online (dari desktop)?
  • Apa topik yang harus saya tulis?
  • Bagaimana Anda dapat menciptakan konten yang menarik?
  • Di mana Anda dapat menemukan gambar gratis atau murah untuk blog Anda?
  • Sumber daya lainnya yang bermanfaat untuk pembelajaran lebih lanjut

Ada banyak informasi yang dapat dicerna di sini. Silakan menikmati apa yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Pengertian Blog

Istilah blog menjadi populer akhir-akhir ini dan Anda mungkin punya ide apa yang dimaksud dengan blog tapi jika ditanya, semua orang pasti akan memiliki pendapat yang berbeda. Namun usaha untuk mengerti tentang blog itu penting, terutama bila Anda ingin menjadikannya sebagai suatu bisnis.

Kata blog sebenarnya berasal dari gabungan dua kata yaitu, web dan log. Dengan kata lain, blog adalah kumpulan atau catatan pikiran, ide, foto, video, tautan dan apa saja tentang Anda. Secara teknis, kumpulan konten ini diurutkan secara kronologis terbalik. Yang terbaru di atas dan seterusnya ke bawah dan halaman berikutnya. Kumpulan tulisan singkat dapat saja dikatakan sebagai blog.

Ada yang mengkategorikan lebih jauh menurut ciri-cirinya, yaitu memiliki judul, batang tubuh, komentar, tanggal serta waktu penulisan dan penerbitannya. Tapi ciri-ciri seperti ini semakin kabur seiring berjalannya waktu. Misalnya, salah satu perangkat lunak pembuat blog yang terkenal, WordPress, telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga berubah fungsi. Sekarang ini, selain dipergunakan sebagai blog, WordPress juga dapat dijadikan alat bantu manajemen konten situs.

Dari situs iklan baris sampai jejaring sosial, semua dapat dibangun menggunakan WordPress dan plugin-nya, yang mana merupakan cara memperluas dan menambah fasilitas pada kerangka dasar yang ada. Dengan kata lain, blog dapat dibuat sesederhana atau sekompleks mungkin dengan berbagai fitur tergantung apa yang diinginkan oleh pembuatnya.

Mengapa Anda harus membuat blog?

Tidak ada alasan yang pasti mengapa seseorang membuat blog. Semuanya tergantung motivasi individu yang bersangkutan. Tapi ada beberapa tujuan dan alasan yang mungkin tidak terpikirkan ketika ingin membuat blog, yang dapat menambah wawasan dan perspektif ke mana blog yang Anda bangun akan digiring nantinya.

Beberapa orang membuat blog sekedar hobi. Memang inilah tujuan awalnya ketika perangkat lunak blog pertama dikembangkan. Mereka ingin cara yang mudah untuk mengarsip catatan pribadi dan juga berbagi dengan yang lainnya apa yang mereka tulis. Blog saat ini dapat dipergunakan sebagai album foto, berbagi pengalaman tentang apa yang Anda pelajari sehari-hari, maupun sebagi cara untuk berkomunikasi dengan teman dekat atau sanak keluarga.

Secara profesional dan dari segi bisnis, blog dapat digali lebih jauh agar menawarkan keuntungan berikut ini bagi Anda:

  • Mendemonstrasikan keahlian dan membangun komunitas. Tidak ada cara yang lebih baik untuk mendemonstrasikan keahlian Anda selain menulisnya. Orang yang menemukan tulisan Anda akan menyimpulkan sendiri apakah Anda cukup berpengetahuan tentang suatu topik. Tidak perlu menyombongkan diri dan dikira membuat klaim palsu. Blog juga dapat dipergunakan untuk mengumpulkan pemirsa dan membangun komunitas seputar suatu bidang.
  • Sebagai curriculum vitae (CV) atau resume. CV atau resume tradisional sudah kedaluarsa. Setiap orang dapat menulis resume terbaik dengan daftar keahlian yang panjangnya berkilometer. Tapi dewasa ini yang dibutuhkan perusahaan adalah bukti Anda benar-benar menguasai bidang tersebut. Dengan memiliki blog dan menciptakan konten yang bermutu seputar topik yang Anda kuasai, Anda memiliki alat pendukung kuat bagi resume Anda.
  • Sebagai sumber pendapatan penuh atau sampingan. Ada banyak peluang terduga maupun tak terduga yang dapat dikembangkan dari sebuah blog. Dengan pemirsa yang tetap dan tertarget, Anda bisa saja bekerjasama dengan jejaring periklanan untuk menampilkan iklan. Model bisnis ini cukup terkenal karena Anda hanya fokus pada pembuatan konten dan komunitas. Banyak blogger yang juga berhasil mendapatkan kontrak penulisan buku, menjadi pembicara di seminar, konsultasi dan beberapa pendapatan lainnya.

Untuk badan usaha mikro, kecil maupun menengah, memiliki sebuah blog akan lebih menguntungkan lagi. Anda dapat mempublikasikan berita terbaru, promosi, acara maupun kontes bagi prospek dan pelanggan Anda tanpa perlu mengeluarkan dana yang besar. Dengan komunitas yang solid, komunitas Anda akan menjadi supporter dan promotor bagi bisnis Anda. Mereka akan memberitahukan orang lain tentang produk baru, tentang promosi Anda, apa saja. Hal-hal tersebut harus diakui bahkan tidak dapat dibeli dengan iklan.

Jadi apapun tujuan Anda, apakah ingin membuat sebuah blog hanya untuk alasan pribadi ataupun berkomunikasi dengan prospek dan pelanggan serta menciptakan kehadiran yang lebih nyata di dunia maya, sebuah blog dapat membantu Anda.

Platform Blog Mana Yang Terbaik Bagi Anda?

Jawabannya sederhana saja. WordPress atau Blogger. Bila Anda ingin membuat blog gratis maka pilihannya di antara Blogger. Untuk blog yang dibangun pada hosting Anda sendiri, maka satu yang paling populer adalah WordPress.org. Kebetulan pula kedua platform tersebut merupakan yang termudah dengan tutorial blog yang memadai.

WordPress.com menggunakan perangkat lunak dari WordPress.org untuk memberikan jasa hosting kepada pemakai Internet. Tentunya ada opsi-opsi yang harus Anda beli bila ingin menambah fitur. Dengan menginstal WordPress.org di hosting Anda sendiri, Anda dapat menyesuaikan fitur sesuai keinginan Anda selama hosting Anda mengizinkannya.

Sebenarnya ada banyak platform blog lainnya tapi WordPress dan Blogger telah menjadi begitu populer… dan pada dasarnya dapat dibentuk menjadi apapun yang Anda inginkan sehingga tidak ada alasan lain memilih yang lain. Bila Anda menemukan masalah atau ingin suatu fitur tambahan, dengan memilih platform yang populer, ada banyak kemungkinan orang lain telah menyelesaikan problema atau mengembangkan fitur tersebut.

Sebagai catatan, berikut ini adalah pangsa pasar platform blog menurut data 2010:

Pangsa Pasar Platform Blog

Menurut rist pingdom di tahun 2009, 32 blog top 100 di dunia menggunakan WordPress.org ataupun WordPress.com. Kayak promosi yah, tapi beginilah kenyataan di lapangan sekarang ini. Silakan simak grafik kue berikut:

Platform Blog Top 100

Jadi, yang mana yang terbaik untuk Anda? Jawabannya tergantung dari pribadi masing-masing. Tapi ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Platform blog itu sendiri terdiri dari dua bagian besar:

  1. Jasa platform blog. Platform ini adalah sebuah jasa, bisa saja berbayar maupun gratis. Dua platform gratis yang populer telah disebutkan di atas, Blogger.com dan WordPress.com. Tipe blog ini sesuai untuk pemula yang ingin bereksperimen karena domain yang Anda miliki berada di kawasan platform yang bersangkutan (namaanda.blogspot.com atau namaanda.wordpress.com, bukan hanya namaanda.com). Untuk profesional dan bisnis, ini merupakan suatu hal yang patut dipertimbangkan. Kelemahannya adalah, dengan jasa platform Anda tidak memiliki blog Anda secara nyata. Akun Anda bisa saja lenyap kapan saja karena melanggar aturan. Belum lagi blog dengan sub-domain kelihatan kurang profesional. Anda tidak harus percaya, tapi Seth Godin, marketer internasional ternama mengatakan ini sendiri di problogger.net: “Maybe, if I had to pick something, it would be directing to a domain I own (sethgodin.com) instead of sethgodin.typepad.com.”
  2. Platform blog independen. Pilihan platform ini memberikan lebih banyak kontrol dari segi presentasi, modifikasi dan fungsionalitas. Jika Anda ingin mengembangkan blog untuk mendukung karir profesional atau bisnis Anda, saran saya adalah memakai platform ini. Memang butuh sedikit biaya tapi ini bermanfaat sebagai strategi jangka panjang.

Aplikasi Blogging Untuk Desktop

Bagi kebanyakan blogger Indonesia, koneksi Internet 24 jam masih merupakan tantangan karena berbagai alasan, termasuk infrastruktur yang kurang baik dan dana. Akan sangat membantu jika ada aplikasi yang dapat membantu seorang blogger agar dapat menulis tanpa harus online terlebih dahulu. Kabar baiknya, aplikasi seperti itu memang tersedia.

Alat bantu ini fungsinya sederhana. Anda membuat tulisan dengan segala format sesuai dengan keinginan Anda, menyisipkan gambar, bahkan video, dan melakukan pratinjau tulisan. Software ini juga mengijinkan Anda menyimpan tulisan pada hard disk komputer. Dan ketika siap mempublikasikannya, tinggal menyambungkan koneksi dan mempublikasikannya.

Beberapa aplikasi populer yang masuk dalam kategori ini adalah:

  • Windows Live Writer. Sesuai namanya, software ini bekerja untuk Windows dan kompatibel untuk platform Blogger maupun WordPress.
  • Ecto Ini adalah software pilihan untuk yang bekerja menggunakan Apple Mac. Perangkat lunak ini berbayar namun harganya cukup terjangkau, $19.95. Dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan fungsi-fungsi dasar dan juga banyak fitur lanjutan lainnya seperti mengkonversi gambar dan menciptakan miniatur.
  • ScribeFire. Aplikasi ini unik karena kompatibel di segala platform. Ini mungkin karena ScribFire sebenarnya merupakan add-on atau ekstensi yang bekerja di atas peramban web Mozilla Firefox. Jika Anda sering menulis blog sambil mengutip dari berbagai sumber maka aplikasi ini sangat membantu.

Apa Topik Yang Harus Saya Tulis?

Sebenarnya ini bukan pertanyaan teknis, namun cukup sering ditanyakan sehingga saya memutuskan untuk memasukkan satu bagian singkat dalam panduan ini.

Pertanyaan tentang topik yang ditulis dapat terjawab dengan segera begitu Anda menemukan ceruk pasar Anda dan peran Anda di dalamnya. Jika Anda memulai suatu blog hanya untuk alasan pribadi maka konten yang Anda buat tentunya terserah Anda, tapi bila blog yang bersangkutan terkait dengan bisnis maka ceruk pasar menjadi faktor yang sangat menentukan.

Memang tidak ada salahnya menulis apa saja yang terlintas di benak Anda atau topik apa pun yang Anda sukai, tapi untuk membangun komunitas melalui blog… ceruk pasar yang Anda pilih harus jelas dan terarah. Pemirsa jarang ingin menghabiskan waktu untuk blog yang tidak jelas topik dan tujuannya, kecuali bila mereka membaca hanya untuk sebagai hiburan.

Saran saya, bila Anda benar-benar tidak tahu di mana harus memulai, konsultasikan dengan Google. Cari tahu apa yang ditulis sesama blogger tentang topik yang Anda pilih. Berlangganan RSS dan mengikutinya selama beberapa waktu akan membuka wawasan Anda mengenai apa yang dapat Anda tulis. Saya yakin setelah terjun ke dalamnya dan menguasai suatu bidang, hal-hal yang dapat Anda tulis sesungguhnya tidak terbatas.

Misalnya, jika menemukan topik yang menarik di blog lain dan Anda memiliki perspektif yang lain, atau pendapat yang berbeda, tidak ada salahnya memulai percakapan dari blog Anda dan memberikan tautan ke sumber. Dengan cara ini saya telah menjalin hubungan dengan banyak blogger ternama. Anda pun dapat melakukannya. Cara ini jauh lebih efektif sebagai pembuka percakapan dibanding email tak diundang. Blogger profesional seringkali memonitor apa yang dikatakan oleh rekan sesama blogger dan tautan yang masuk ke dalam blog mereka.

Anda juga dapat menjawab pertanyaan yang ditemukan di forum-forum. Mungkin jawaban Anda di forum terkesan ringkas tapi setelah melalui proses pemikiran yang cukup lama, pasti ada tambahan. Tidak ada salahnya menuliskannya agar ada arsipnya sehingga dapat ditemukan oleh orang lain.

Akan ada kesulitan ketika pertama kali menulis, tapi yakinlah selanjutnya selalu akan lebih mudah. Sampai suatu saat ide untuk topik akan lebih cepat berdatangan dan Anda tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk menulis semuanya. Saat ini, mudah bagi saya untuk mendapatkan ide, tapi memilih ide yang tepat untuk ditulis sama sulitnya. Tantangan blogger di semua tingkatan selalu ada. Tinggal bagaimana Anda menyikapinya dan belajar darinya.

Bagaimana Anda Dapat Menciptakan Konten Yang Menarik?

Pada tahap ini, Anda telah memiliki blog dan menata komputer Anda sehingga dapat menulis kapan saja tanpa harus terkoneksi ke Internet. Anda juga sudah tahu apa yang harus ditulis pertama kali. Nah, sekarang pertanyaannya bagaimana Anda dapat menciptakan konten yang menarik sehingga dibaca orang terus menerus?

Menurut hemat saya, konten yang menarik bukanlah konten yang menurut Anda bagus. Semuanya harus dipikirkan dari perspektif seorang pembaca. Akan sangat membantu jika Anda memikirkannya sebagai aliran proses. Tentunya ini tergantung bagaimana pembaca Anda menemukan blog Anda.

Katakanlah semuanya bermula dari mesin pencari. Untuk dapat ditemukan di sana, Anda harus menggunakan keyword atau kata kunci yang dipakai oleh para pemirsa. Artinya Anda perlu melakukan riset kata kunci yang tepat untuk dipakai di tulisan blog Anda. Proses ini, termasuk cara optimasi blog agar ditemukan di mesin pencari merupakan satu bidangnya sendiri yang dinamakan SEO atau Search Engine Optimization.

Nah, saat menemukan tulisan Anda di mesin pencari… apa yang membuat seorang calon pembaca mengeklik halaman situs Anda? Sebuah judul yang menarik. Ya, judul tulisan Anda tidak boleh membosankan. Walaupun tulisan Anda mengenai topik yang sangat biasa, harus disuntikkan nyawa ke dalamnya agar hidup. Seni dan pengetahuan ini dinamakan copywriting.

Setelah seorang pengunjung datang ke blog Anda, mereka akan mulai membaca. Kalimat pertama dan paragraf pendahulan haruslah menarik agar pembaca memutuskan untuk menelusuri keseluruhan konten. Di Internet, orang seringkali bergerak sangat cepat. Mereka dengan cepat bergerak dari atas peramban web ke bawah dan hanya berhenti jika benar-benar menemukan hal yang menarik.

Dengan kata lain, Anda punya waktu yang sangat sedikit untuk menarik perhatian mereka. Dan bila konten Anda kuat dan berhasil menghibur atau membuat mereka berdecak kagum, mungkin mereka akan berlangganan RSS blog Anda. RSS itu pada dasarnya format berkas yang berisi konten blog Anda, yang dapat dibaca dari pembaca RSS. Seorang pelanggan tidak harus mengunjungi blog Anda untuk mengetahui apakah ada tulisan baru. Pembaca RSS akan memberitahu kepada mereka.

Aliran proses itu dapat dijadikan panduan untuk menarik pemirsa. Penting diingat bahwa jika salah satu titik yang dijelaskan di atas lemah, pembaca mungkin saja memutuskan untuk berhenti dan tidak pernah kembali lagi. Dan aliran proses ini hanyalah suatu proses.

Merupakan bidang yang lain pula bila Anda ingin menulis dengan gaya yang menarik. Beberapa orang memiliki talenta untuk yang satu ini sedangkan yang lain harus berimprovisasi sedikit demi sedikit. Harus diakui saya termasuk yang belakangan.

Oh ya, satu lagi. Format tulisan pun bisa menentukan apakah konten Anda menarik atau tidak. Ingat bahwa pemirsa bergerak cepat. Jika konten Anda hanya kumpulan tulisan dengan paragraf panjang, tanpa format apa-apa, dalam satu halaman web, pembaca akan patah semangat dan mencari sumber daya lain. Mereka tidak punya banyak waktu kecuali Anda telah berhasil meyakinkan mereka tentang kualitas dan daya tarik tulisan tersebut.

Salah satu cara yang suka saya pakai adalah dengan membagi-bagi tulisan menjadi beberapa bagian. Metode lain adalah dengan menulis dalam format yang mudah dicerna. Misalnya, 3 langkah membuat blog gratis. Setiap langkah akan merupakan sub-bagian dari artikel sehingga tidak terlihat sebagi suatu blok konten yang membosankan.

Di Mana Anda Dapat Menemukan Gambar Gratis atau Murah Uuntuk Blog Anda?

Orang bilang satu gambar bisa mengkomunikasikan seribu kata. Peran gambar bukan saja sebagai pendukung tulisan tapi juga sebagai jeda dalam suatu tulisan blog yang panjang. Tapi banyak yang bertanya-tanya di mana mereka dapat mencari gambar gratis atau murah untuk dipakai di blog.

Banyak blogger lokal yang menggunakan gambar yang mereka temukan dari mana saja, termasuk Google Image, tanpa berpikir panjang. Pendekatan ini harus dilakukan dengan hati-hati sebab gambar dan foto bisa jadi merupakan karya yang ada hak ciptanya. Kecuali Anda punya izin khusus dari pemiliknya, sebaiknya jauhi gambar yang tidak jelas sumbernya.

Untungnya, banyak pemilik gambar dan foto yang berbaik hati mengizinkan pemakaian foto mereka. Flickr contohnya adalah situs gambar dan foto yang sangat populer. Di sana Anda dapat mencari foto-foto yang dapat dipakai dengan gratis. Banyak gambar menarik yang untuk memakainya tidak perlu membayar royalti, hanya saja Anda harus memasang taut kembali kepada sumber.

Jika Anda tidak keberatan membayar, iStockPhoto.com menawarkan jutaan foto berkualitas tinggi. Harga dimulai dari kira-kira USD 1 per foto ukuran kecil, cocok dipergunakan untuk blog.

Sumber Daya Lainnya Yang Bermanfaat Untuk Pembelajaran Lebih Lanjut

Saya telah memberikan lebih banyak informasi yang Anda butuhkan untuk memulai sebuah blog. Namun untuk mengembangkannya: menarik pengunjung, membuat mereka tetap tertarik, mengembangkan komunitas, dan menjadikannya sumber pendapatan merupakan topik yang lain pula.

Tidak perlu putus asa. Semua topik di atas tidak perlu dipelajari dalam seminggu. Anda dapat melakukannya secara perlahan sambil menambahkan lebih banyak konten ke blog Anda. Berikut ini adalah beberapa sumber daya yang dapat Anda pergunakan untuk mempelajari topik-topik lanjutan di atas:

(segera menyusul)