*Artikel ini membahas tentang rencana memulai bisnis sampingan dan bagaimana mengembangkannya dengan cara tersingkat agar berkembang menjadi bisnis yang menguntungkan. Fokusnya sesuai dengan pengalaman saya, yaitu bisnis online. Klik di sini jika Anda mencari ide-ide peluang usaha online yang dapat Anda mulai dari rumah dengan komputer dan koneksi Internet.

Setiap orang pernah berpikir untuk menjadi bos, menjadi pemilik usaha sendiri, entah karena memang memiliki darah entpreneur ataupun saat jenuh bekerja untuk orang lain. Jika Anda ingin mewujudkan impian tersebut, memulai sebuah bisnis sampingan adalah cara terbaik dan termudah. Mengapa? Karena peralihan yang Anda lalui akan jauh lebih nyaman dan pada saat yang bersamaan meminimalkan risiko.

Bisnis sampingan merupakan cara yang sangat baik untuk memanfaatkan waktu luang, mendiversifikasi sumber pendapatan dan belajar. Menjadi pemilik usaha juga meningkatkan rasa kepercayaan diri yang tidak didapat dari kebanyakan pekerjaan kantoran. Tanpa disadari, dengan bertambahnya pengalaman dan cara pandang yang berbeda tentang bisnis, seringkali seorang pegawai akan dipromosikan karena keahliannya. Itu jika Anda tetap ingin mempertahankan pekerjaan. Cuma, berhati-hatilah karena dengan bertambahnya tanggung jawab bisa mengorbankan kelangsungan bisnis sampingan Anda.

Mengapa Bisnis Sampingan

Mungkin ada yang bertanya mengapa memilih bisnis sampingan dan tidak go full time saja langsung? Bukankah akan lebih baik dengan memfokuskan diri pada satu bisnis saja? Hal ini biasanya dialami oleh pemula yang barusan menemukan peluang usaha online.

Dengan banyaknya contoh kasus orang yang berhasil memulai bisnis rumahan… biasanya mereka akan sangat bersemangat ingin memulai. Ada pembaca blog saya yang mengirim email dengan isi seperti itu beberapa waktu yang lalu. Dengan penuh optimis, sobat tersebut mengajukan permohonan mengundurkan diri. Tak lama lagi, ia akan kaya raya… setidaknya itu yang ada di dalam pikirannya.

Tapi impian hanyalah tinggal impian. Banyaknya bentuk penipuan online sering menyesatkan. Jika tidak berhati-hati, banyak percaya begitu saja karena di mana-mana isi pesan sales letter yang menjual e-book seperti itu. Bukannya salah punya semangat yang besar, tapi bisnis tetaplah bisnis. Itulah sebabnya saya selalu menyarankan agar memulai dari bisnis sampingan.

Terutama bila Anda tidak memiliki tabungan yang sanggup mendukung gaya hidup Anda selama beberapa waktu. Dan semakin patut diperhatikan lagi bila ini melibatkan pasangan dan anak-anak atau orang tua Anda, jika Anda bekerja untuk menghidupi mereka. Sangat bijak bila Anda berusaha mendatangkan pendapatan yang sama atau lebih besar terlebih dahulu sebelum mempertimbangkan jika akan berhenti (atau tidak).

Hal lain yang patut dipertimbangkan adalah pandangan manajer dan bos Anda. Ada perusahaan yang bersikap sangat terbuka karena apa yang Anda pelajari dapat membantu pekerjaan Anda yang sekarang. Tapi tidak semuanya bersikap begitu, jadi berhati-hatilah.

Untuk mengingatkan Anda tentang pendekatan ini, maka rencana yang saya sarankan sengaja disingkat menjadi A.M.A.N.

Rencana A.M.A.N Untuk Memulai Bisnis Sampingan

Apa itu A.M.A.N? Singkatnya AMAN merupakan singkatan dari 4 langkah tercepat yang dapat Anda tempuh untuk memulai dan mengembangkan bisnis sampingan dari nol hingga menjadi bisnis yang menguntungkan. Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai.

1. A – Analisa Sebuah Niche

Mulailah dengan suatu topik yang Anda ketahui dengan baik. Banyak pemula di bidang bisnis online berpikir mereka dapat terjun pada bidang apa saja. Kebanyakan e-book memang menyarankan pendekatan seperti itu. Pilih topik yang menguntungkan dengan cara yang diajarkan. Yang tidak tertulis adalah, Anda akan menghabiskan banyak waktu belajar mengenai topik tersebut.

Dan bila subjek yang bersangkutan tidak menarik, Anda akan merasa tersiksa dengannya. Pulang dari kerja, dengan sumber daya dan tenaga yang minimal, bayangkan bila Anda tidak memiliki semangat sama sekali, malah mencoba menghindari bisnis sampingan ini. Tentu bukan hal yang diinginkan, bukan?

Jadi ketahuilah kekuatan Anda. Riset sedikit mengenai ceruk pasar tersebut untuk mengkonfirmasi apakah suatu bisnis dapat dibangun darinya. Kombinasi kedua hal tersebut akan sangat menentukan kesuksesan Anda dalam bisnis apapun.

Tidak masalah jika Anda harus menghabiskan waktu sebulan untuk menemukannya. Dengan gairah, Anda akan sanggup bersaing menjadi yang terbaik. Bisnis Anda tidak akan terkalahkan dan lebih bertahan lama. Ingat, gairah adalah sesuatu yang menular. Pemirsa Anda akan mengetahui apakah Anda bersemangat atau tidak… dan mereka akan cenderung menjadi pelanggan orang yang menikmati apa yang mereka lakukan, ketimbang yang semata-mata melakukannya demi uang.

Ikutilah kata hati Anda. Pilih bidang yang mana gairah langsung muncul ketika Anda berkecimpung di dalamnya. Gairah akan memungkinkan Anda melewati masa-masa sulit. Hal ini sangat penting mengingat sebagian bisnis gagal karena pemiliknya menyerah sebelum menemukan solusi. Masalah akan datang, jadi bersiaplah menghadapinya. Jangan patah semangat karena sukses seringkali berada pas di balik masalah itu… walaupun kelihatannya ia jauh karena tertutup masalah. Anda tidak akan pernah tahu bila sukses itu sudah dekat, kecuali Anda bersikeras untuk mengatasi problema dan terus maju.

2. M – Mendengar Respon Pemirsa

Bila Anda memiliki daftar to do ruang dan perabotan kantor seharusnya ada pada prioritas yang rendah. Banyak orang yang memulai usaha dengan mencari ruang kantor yang layak dan perabotan yang nyaman. Ini bermanfaat bagi toko konvensional di mana lokasi sangat berpengaruh… walaupun saya tetap berpendapat bahwa biaya yang dikeluarkan biasanya sangat berlebihan.

Kalau ngomong tentang bisnis online, situasinya sangat berbeda. Lokasi di mana Anda memulai usaha tidak berpengaruh sama sekali. Jadi tinggalkan kebiasaan lama dan fokuslah pada hal terpenting, yaitu pemirsa Anda.

Tidak perlu berpikir terlalu lama tentang produk yang akan Anda jual. Bahkan, saya tidak menyarankan Anda berburu barang dan menyediakan banyak stok di gudang. Fokus Anda ada pada pemirsa dan kebutuhan mereka.

Dewasa ini, Anda dapat bekerjasama dengan supplier ataupun toko online untuk menyediakan supply barang. Atau bahkan lebih mudah lagi, jadilah rekan bisnis… atau istilahnya afiliasi, dari salah satu merchant yang terpercaya. Dalam waktu singkat, Anda langsung dapat berjualan.

Lalu apa maksudnya mendengar respon pemirsa? Begini. Setelah memiliki produk, Anda perlu menawarkannya ke konsumen. Ketahuilah apa yang membuat mereka menginginkan produk itu. Apa satu keunggulan yang dimiliki produk tersebut? Apa yang membuat mereka memilih produk itu dibanding yang lain?

Memahami suatu produk dari segi konsumen adalah suatu aset yang sangat penting baik sekarang maupun ke depannya. Dengan pengetahuan tersebut, Anda dapat menjual melalui web site dengan efisien. Prospek akan merasa Anda mengetahui apa yang dipikirkan mereka. Dan ini akan merupakan faktor penentu yang menarik prospek dan pelanggan kepada Anda, dan bukan kompetitor Anda.

Coba dari produk dengan harga yang relatif rendah. Memang tidak selamanya harus memulai dari sana, tapi logisnya Anda mulai dari bawah sebelum memahami kebutuhan prospek Anda yang selanjutnya.

3. A – Angkat Penjualan

Sebanyak 75 sampai 80 persen waktu dan usaha Anda pada awal-awal bisnis harus dicurahkan pada penjualan. Kegiatan lainnya hanya merupakan biaya yang menghabiskan modal Anda. Hanya penjualanlah yang mendatangkan aliran dana segar yang dapat dipergunakan untuk operasi bisnis Anda sehari-hari.

Cara pandang ini cukup kontroversi bila Anda pertama sekali mendengarnya. Sebagai seseorang dengan latar belakang teknis, yakinlah, saya tahu jika kelompok kami ini cenderung berpikir departemen Teknologi Informasi adalah yang paling bergengsi dalam suatu perusahaan korporasi. Saat saya baru memasuki dunia kerja, kami memperlakukan staf dari departemen pemasaran dengan tidak begitu ramah.

Ada penyesalan yang datang setelah itu, saat menyadari bahwa bagian pemasaran dan penjualan sebenarnya adalah yang terpenting dari semua yang ada. Mereka adalah roda yang menggerakkan perusahaan. Tanpa mereka, sebenarnya kami tidak mungkin dapat digaji. Sedangkan kami hanya tim yang tahu berbelanja teknologi mahal dan menguras dana perusahaan. Tidak peduli seberapa pentingnya teknologi tersebut, jika tidak menjadi produk yang baik dan layak jual, maka tindakan kami hanyalah menghambur-hamburkan dana.

Jadi, pergunakan sebagian besar waktu Anda untuk menjual. Untuk yang alergi dengan kata pemasaran dan penjualan, ada kabar baik untuk Anda. Berjualan di dunia online berbeda dengan metode penjualan langsung. Online, Anda tidak harus bertatapan muka dengan pembeli. Dan metode yang saya sarankan lebih tepatnya dapat Anda sebut sebagai membantu… daripada menjual.

Contohnya saja situs ini. Anda sedang membaca sebuah artikel tentang bisnis sampingan online. Saya sejujurnya ingin membantu Anda… saya yakin Anda dapat merasakannya, tapi secara transparan saya berterus terang dengan usaha yang tulus, pembaca-pembaca seperti Anda akan mengetahui bahwa informasi yang saya berikan memang berkualitas dan sesuai dengan dunia nyata.

Banyak yang memutuskan untuk menjadi siswa/i di Dojo Bejana.com karena mereka ingin mendapatkan lebih dari saya. Mereka penasaran bila begitu banyak yang dapat saya berikan secara gratis, apa yang ada di kelas intensif?

Teknik pemasaran ini juga merupakan salah satu pilar yang saya ajarkan di Bejana.com, yaitu teknik penjualan tanpa menjual… yang saya namakan content marketing.

4. N – Nilai Potensi Back End

Proses tersebut di atas hanyalah awal dari proses. Walaupun pelanggan baru adalah bagian yang penting dari suatu bisnis, fokus Anda juga harus pada pelanggan yang sudah ada. Riset yang lalu menunjukkan bahwa biaya untuk mendatangkan pelanggan baru adalah 5 kali dari apa yang Anda keluarkan jika menjual ke pelanggan yang telah ada.

Menilai potensi back end ceruk pasar Anda dan menindaklanjutinya akan melipatgandakan keuntungan dari usaha Anda dengan relatif mudahnya. Strategi ini sangat penting, namun sangat jarang usaha mikro dan kecil memanfaatkannya dengan sadar. Biasanya mereka memakai strategi ini hanya sebagai suatu kebetulan saja. Dengan kata lain masih banyak peluang yang belum dieksplorasi.

Berbekal dengan rencana di atas, bila semuanya berjalan lancar, maka usaha Anda akan berkembang terus. Harapannya pendapatan sampingan ini dapat menyamai, atau melebihi, apa yang Anda hasilkan dari pekerjaan tetap. Apa yang Anda lakukan selanjutnya tentunya terserah Anda.

Tips Terakhir Yang Menentukan

Beberapa tips terakhir dari saya untuk topik ini adalah…

Pertama, carilah dukungan yang baik dari orang di sekeliling Anda.

Sanak keluarga atau pasangan sering tidak mengerti, terutama bila melibatkan bisnis online. Akan sulit membuat mereka memahami sebelum membuktikan hasilnya. Ini terjadi kepada saya pribadi ketika saya mengejar peluang ini pada awalnya. Mereka mungkin berpikir Anda membuang-buang waktu di depan komputer.

Tetaplah mencoba mendapatkan dukungan dari mereka. Tidak, Anda tidak perlu menerangkan semuanya. Itu bahkan akan semakin membingungkan mereka. Cara yang terbaik adalah dengan meyakinkan mereka Anda tahu apa yang sedang Anda lakukan dan mintalah pengertian dari mereka. Anda akan butuh menjelaskannya mengapa Anda tiba-tiba lebih menyukai komputer dan mengurangi waktu bersama mereka.

Biarkan mereka tahu bahwa mereka masih merupakan bagian terpenting dari Anda. Hanya saja pengorbanan sementara diperlukan karena Anda sedang membangun masa depan yang lebih baik yang akan menguntungkan semua pihak.

Ketika memulai bisnis saya, kehidupan sosial dan pribadi saya boleh dikatakan hancur karena kurangnya waktu untuk dua hal tersebut. Anda tidak harus mengorbankan keseluruhannya tapi sedikit banyak aspek kehidupan lain pasti akan terpengaruhi. Jadi cobalah mencari keseimbangan yang pas.

Kedua, itu sebabnya sangat penting mengetahui apa yang harus Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis secepat mungkin. Setidaknya menjadi sumber pendapatan yang nyata. Pakai rencana A.M.A.N di atas dan tulislah tindakan yang akan Anda kerjakan setiap hari. Dengan hasil yang nyata, keluarga, pasangan dan anak-anak bahkan akan mulai memberitahu teman-teman mereka mengenai bisnis Anda.

Dan ketiga, dapatkan bantuan bila Anda memerlukannya. Walaupun informasi gratis cukup banyak di Internet, perlu sangat banyak waktu dan usaha untuk menyaring potongan yang baik dari yang tidak. Sayangnya, satu-satu hal yang paling berharga, yang tidak dapat ditemukan kembali adalah waktu. Merupakan suatu tindakan yang sangat bijaksana jika Anda berkomitmen berinvetasi untuk diri Anda sendiri.

Kembangkan kemampuan dan keahlian, karena pada akhirnya dengan bekal itu Anda akan menjadi semakin produktif dan efisien. Artinya, lebih cepat menyelesaikan sesuatu dan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang Anda pedulikan di hidup ini.

Syarat & Ketentuan / Sangkalan Penghasilan / Kebijakan Privasi & Anti-Spam

Copyright ©2010-2018 Bejana.com. Hak cipta dilindungi Undang-Undang.

Log in with your credentials

Forgot your details?