Bloger – Keunggulan dan Kelemahan Jasa Blog Blogger.com

Bloger (atau tepatnya Blogger.com) adalah jasa blog gratis yang ditawarkan oleh Google dan cukup populer di Indonesia. Apa keunggulan bloger sebagai jasa platform blog? Adakah jasa lain yang sama atau lebih baik? Bagaimana jika dibandingkan dengan blog yang diinstal di domain dan hosting sendiri? Apakah Bloger dapat dipakai untuk berbisnis? Semua akan dikupas tuntas dalam artikel ini.

Klik di sini untuk panduan mendaftar dan buat blog gratis dengan Bloger. (menyusul)

Keunggulan Bloger Sebagai Jasa Platform Blog

Sebelum mendiskusikan lebih lanjut, ada baiknya jika Anda memahami mengapa Blogger merupakan pilihan yang tepat bagi sebagian orang. Cari tahu apakah memang Bloger yang terbaik. Bagian berikutnya akan menawarkan satu alternatif lain yang gratis. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

  1. Diperkuat oleh Google. Di balik Bloger adalah salah perusahaan raksasa terbesar dan paling berkuasa di dunia, yaitu Google. Bagi sebagian orang, fakta ini terkesan negatif. Namun bila ditelaah dari segi finansial, kemampuan untuk memelihara jaringan yang stabil, dan kelangsungan hidup dari jasa ini… maka Anda tahu keandalannya terjamin.
  2. Integrasi login dengan akun Google Anda. Bila Anda sudah memiliki akun email gmail.com atau instant messenger Google Talk maka Anda telah memiliki akun Google. Email dan kata sandi yang sama dapat dipergunakan untuk login ke dalam Bloger karena memang terintegrasi.
  3. Templat yang lebih fleksibel. Anda dapat memilih tampilan blog sesuka hati. Dan bila ada kode yang ingin Anda sesuaikan, fitur ini juga tersedia untuk masing-masing blog yang Anda buat.
  4. Fungsi FeedBurner yang mudah. Karena FeedBurner juga telah diakuisisi oleh Google maka integrasi yang antara layanan-layanan yang ada menjadi erat. Anda dapat melakukan redirect dari umpan Blogger ke FeedBurner hanya dengan menyesuaikan satu ruas. Statistik dari FeedBurner akan bermanfaat untuk mengetahui data-data umpan RSS Anda.
  5. Bloger dengan domain sendiri. Setelah beberapa waktu dan Anda memutuskan ingin memiliki domain sendiri untuk blog Anda, dan bukannya namaanda.blogspot.com seperti fitur bawaannya, maka fitur ini dapat diakses gratis. Anda hanya perlu membeli domain saja, baik melalui Google maupun registrar pilihan Anda. Pastikan registrar tersebut mengizinkan Anda memodifikasi entri DNS agar dapat melakukan modifikasi yang bersangkutan.
  6. Ubah blog Anda menjadi sumber pendapatan. Integrasi dengan Google AdSense dan Amazon Associates memungkinkan Anda menghasilkan komisi dari penjualan barang dan berbagi hasil untuk setiap iklan yang diklik atau ditampilkan di blog Anda. Tentu saja Anda harus mendaftar dan disetujui oleh Google AdSense dan Amazon terlebih dahulu.

Sekilas daftar di atas kelihatan sangat menarik. Tidak ada alasan memakai platform blog yang lain bukan? Hmm… sebenarnya ada beberapa hal yang patut Anda ketahui sebelum Anda mendaftar. Simak bagian berikutnya.

Adakah Jasa Lain Yang Sama Atau Lebih Baik?

Jasa lain yang menurut banyak orang lebih baik adalah WordPress.com karena sifatnya yang terbuka. Maksudnya perangkat lunak di belakangnya dikembangkan oleh komunitas open source. Artinya, Anda dapat mengakses source code di balik jasa blog populer tersebut. Karena pengerjaannya oleh komunitas, maka semua fiturnya lebih transparan. Bila masalah keamanan muncul, penanganannya cenderung lebih cepat karena pemahaman yang luas.

Cuma dengan memakai WordPress.com, Anda tidak diperkenankan menjual barang atau menampilkan iklan. Itu sudah menjadi bagian dari persetujuan ketika pertama kali mendaftar. Banyak yang tidak mengetahuinya dan melanggar perjanjian ini, lalu mendapati akun mereka diblokir.

Lalu untuk fasilitas domain mapping, memakai domain sendiri, juga perlu membayar… walaupun cuma sedikit lebih mahal dari domain .com, .net dan .org. Bagi sebagian orang, kelemahan ini merupakan pertanda bahwa WordPress.com harus dihindari.

Tapi sebaliknya, WordPress.com sebenarnya sangat bermanfaat. Karena menggunakan source code yang 90 persen dari komunitas, maka seseorang dapat belajar mengenai platform blog tersebut tanpa harus membayar. Anggaplah sebagai latihan. Dan ketika mereka siap memiliki domain sendiri, peralihan dapat dilakukan dengan jauh lebih mudah dengan menginstalasi WordPress (source code dari WordPress.org) di hosting yang mereka pilih.

“Mengapa tidak memakai Bloger saja untuk kepentingan ini?” Mungkin itu pertanyaan Anda. Ada berbagai alasan. WordPress telah berhasil menyaingi Blogger dalam popularitas. Dan karena komunitas yang ada bukan hanya pemakai tapi juga programmer, maka ada banyak plugin yang dapat dipergunakan untuk menambah fungsionalitas dari blog Anda. Kebanyakan dari plugin tersebut gratis.

Pada dasarnya dengan menginstal software WordPress di domain Anda sendiri, Anda dapat memiliki blog atau situs dengan tampilan dan fungsi apa pun yang Anda inginkan. Bagi profesional atau bisnis yang memutuskan untuk terjun secara serius di bisnis online, pilihan ini sangat saya sarankan karena independen.

Bagaimanapun jika memakai Bloger, blog Anda dimiliki oleh Google. Akun Anda berisiko dihapus. Anda juga harus bertahan dengan keterbatasan yang ada selamanya. Tidak demikian dengan WordPress. Dengan WordPress, Anda memiliki akses penuh kepada semua aspek blog dan pengembangannya hanya tergantung Anda sendiri.

Seiring bertambahnya fitur WordPress, artinya Anda dapat mengubah atau menambah fitur iklan baris, bahkan mengintegrasikan blog Anda menjadi situs jejaring sosial. Atau mungkin Anda ingin menambah forum. Semua fungsi yang ada akan sangat mudah dikelola bila memiliki domain sendiri. Inilah keterbatasan yang tidak dapat dilalui jika memilih platform blog seperti Bloger.

Jadi Apakah Bloger Cocok Untuk Anda?

Hanya Anda yang dapat menentukan jawaban finalnya. Tapi singkatnya begini. Kalau Anda hanya ingin sebuah blog pribadi dan tidak ada rencana untuk belajar platform blog yang lebih universal, maka Blogger.com memiliki fasilitas yang memadai. Dengan keunggulan-keunggulan yang disebutkan di atas, Anda akan mendapatkan lebih banyak fitur daripada yang Anda butuhkan. Semuanya gratis.

Tapi bila Anda berencana membangun blog profesional atau bisnis, dan akhirnya ingin memiliki domain sendiri dan menambah fitur sesuka hati… maka mulailah dengan WordPress.com, atau bahkan langsung dengan menginstalasi WordPress dengan domain dan hosting dan Anda sendiri. Proses yang harus dilalui untuk belajar kedua platform blog di atas kurang lebih sama, tapi dengan WordPress apa yang dapat Anda lakukan jauh lebih banyak, bahkan tak terbatas.

Apapun pilihan Anda, selamat ber-blogging ria.

Syarat & Ketentuan / Sangkalan Penghasilan / Kebijakan Privasi & Anti-Spam

Copyright ©2010-2018 Bejana.com. Hak cipta dilindungi Undang-Undang.

Log in with your credentials

Forgot your details?